UB Forest adalah hutan pendidikan seluas 554 hektare di kawasan lereng Gunung Arjuno, tepatnya di Dusun Sumbersari, Desa Tawang Argo, Karangploso, Kabupaten Malang. Pencanangan hutan pendidikan UB Forest, UB Forest sebagai bentuk pengabdian masyarakat civitas akademika ub. Harapannya dengan adanya UB Forest, bisa menjadi lahan penelitian (laboratorium lapang) yang melahirkan produk2 yang bersaing di tingkat internasional. Selain itu, dengan dibangunnya kawasan UB Forest ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dan penghasilan masyarakat setempat.

VISI

Terwujudnya Hutan Pendidikan dan Pelatihan UB FOREST di Lereng Gunung Arjuno sebagai laboratorium pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Brawijaya Menuju World Class Enterpreneur University Berbasis Green Campus.

MISI

  1. Mewujudkan pengelolaan hutan lindung dan hutan produksi berkelanjutan di UB FOREST untuk kepentingan laboratorium penelitian dan pengembangan.
  2. Mewujudkan Hutan Pendidikan dan Pelatihan untuk Tridharma Perguruan Tinggi UB.
  3. Membangun Kemitraan Bisnis dalam Pengelolaan Hutan Produksi.

TUJUAN DAN SASARAN

TUJUAN :

  1. Tujuan pengelolaan UB FOREST untuk kepentingan pendidikan dirancang dalam mencapai beberapa tujuan yang tersusun sebagai berikut:
  2. Sebagai laboratorium lapangan, dan menjadi tempat observasi bagi mahasiswa dan peneliti.
  3. Sebagai pusat penelitian serta membangun sumber belajar yang bertujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia melalui program pendidikan di UB FOREST dan terkait dengan interdisiplin, yang meliputi ilmu tanah, biologi satwa liar, geografi dan botani, ekonomi, bisnis, sosiologi, ilmu administrasi, kedokteran hewan dan dll.
  4. Sebagai bentuk optimalisasi dan pemanfaatan hutan secara berkelanjutan untuk meningkatkan kemitraan kepada masyarakat dan instansi lain dan peningkatan mutu pengelolaan perguruan tinggi.
  5. Sebagai tempat untuk pendidikan dan pelatihan multi disiplin berbasis hutan, dan sebagai tempat percontohan kegiatan hutan lindung dan konservasi alam.
  6. Sebagai sebuah demonstrasi kehutanan berkelanjutan praktis.

SASARAN :

Terbangunnya Hutan Pendidikan dan Pelatihan sebagai sarana Tridharma Perguruan Tinggi UB dengan mewujudkan konservasi alam dan berkelanjutan.

STRUKTUR ORGANISASI