Tantangan modernisasi yang menuntut umat manusia saat ini untuk terus berinovasi dan berimprovisasi sesuai dengan perkembangan teknologi informasi. Era informasi ini telah menghadirkan suatu komunitas sosial yang disebut masyarakat informasi (information society). Keberadaan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi menjadi suatu yang sangat penting dalam menunjang aktivitas kehidupan masyarakat itu sendiri. Perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan tersebut berimplikasi terhadap adanya konvergensi dari keduanya berupa revolusi industri. Konvergensi ini secara sederhana adalah menyatunya fungsi-fungsi dari ketiga teknologi yakni telekomunikasi (information transferring), media (information broadcasting), dan informatika (information processing), ke dalam suatu sistem informasi dan sistem komunikasi terpadu atau disingkat telematika. Dalam kerangka merespon dan menyambut kecenderungan era digitalisasi yang telah merambah di berbagai bidang tersebut, Universitas Brawijaya (UB) melalui Surat Keputusan Rektor dengan SK. No. 038/SK/2009 membentuk Universitas Brawijaya Press (UB Press) dengan fokus utama program kerja pada penerbitan e-book, buku konvensional dan sitasi.

Atas dasar itulah UB Press dibangkitkan dan dihidupkan kembali setelah sebelumnya “mati suri” tentu dengan performa dan spirit yang baru sebagaimana misinya. Sebagai bagian dari unit penunjang pelaksana akademik (UKPPA) UB Press mendeklarasikan visi dan misi dengan menjadikan dirinya sebagai Penerbit Elektronik Pertama dan Terbesar di Indonesia. Peningkatan kapasitas kinerja dari UB Press untuk mewujudkan pengembangan e-book dan sitasi website UB Press adalah cukup beralasan. Karena, UB Press mempunyai aset ± 1.400 doktor dan professor, 2.500 penulis muda potensial, 60.000 pembaca di lingkungan sivitas akademika dan jaringan antar PTN/PTS di Indonesia maupun dengan perguruan tinggi asing di luar negeri. Hal ini merupakan salah satu alasan program UB menuju universitas berstandar internasional World Class University (WCU). Disinilah peran lembaga penerbitan sangat dibutuhkan guna mengakselerasi terwujudnya visi dan misi UB tersebut. Pada akhirnya sesuai dengan kebutuhan serta tuntutan zaman, hasil cipta, karsa dan karya dari sivitas akademika Universitas Brawijaya tersebut perlu untuk terus ditingkatkan dari bentuk publikasi konvensional menjadi publikasi elektronik (e-book) sehingga, dapat diakses secara lebih luas oleh para penulis, peneliti penstudi, dan masyarakat luas dari berbagai belahan negara di dunia.

VISI

Penerbit Elektronik Pertama dan Terbesar di Indonesia dalam rangka mendukung cita – cita universitas brawijaya menuju world class enterpreneurial university.

MAKLUMAT

Memberikan pelayanan sepenuh hati (champion public services) guna mewujudkan kepuasan pengguna jasa layanan

Untuk merealisasikan visinya, UB PRESS mempunyai misi sebagai berikut :

  1. Mendorong tumbuh dan berkembangannya budaya membaca, meneliti, dan menulis di kalangan sivitas akademika UB.
  2. Menerbitkan karya-karya ilmiah dari hasil kajian dan penelitian dosen, mahasiswa, karyawan, dan alumni UB, serta masyarakat luas yang berkualitas dalam berbagai disiplin keilmuan dengan paradigma Religiousitas Sains atau Sains Tauhidullah.
  3. Menerbitkan buku ajar atau teks, e-book, karya seni dan desain grafis bekualitas yang dihasilkan oleh dosen, mahasiswa, karyawan, dan alumni yang tersebar pada masyarakat luas untuk memperkuat visi besar UB.
  4. Menerbitkan karya-karya terjemahan dari buku-buku atau hasil – hasil  penelitian asing dan/atau sebaliknya.
  5. Memberikan layanan data base, penerbitan, serta pendidikan dan pelatihan yang terkait dengan bidang penulisan karya ilmiah dan manajemen penerbitan.
  6. Membangun dan mengembangkan citra positif (image) atmosfir akademik UB melalui kegiatan kreatif-inovatif yang berkaitan dengan dunia penerbitan berbasis kampus.
  7. Menjadi salah satu deklarator pembetukan Asosiasi Penerbit Perguruan Tinggi Se – Indonesia  (APPTI) dalam kerangka mengembangkan manajemen penerbitan yang profesional, melakukan langkah-langkah internasionalisasi penerbitan, serta memperkuat terbentuknya University Pressmarketing network.
  8. Menjadi pendukung kuat gerakan sadar menulis dan membaca untuk Indonesia yang dideklarasikan oleh APPTI.

TUJUAN DAN PRESTASI

  • TUJUAN
    1. Mengembangkan Sumber Daya Manusia (mahasiswa, dosen, karyawan, alumni, dan masyarakat luas) sadar meneliti dan menulis.
    2. Menerbitkan hasil karya ilmiah, penelitian, terjemahan, proseding, dan hasil cipta karsa yang lain dalam bentuk conventional books dan/atau e-books.
    3. Mengembangkan jejaring pemasaran dan distribusi alternatif antar penerbit perguruan tinggi se-Indonesia.
    4. Mengembangkan sistem informasi dan manajemen penerbitan berbasis teknologi informasi.
    5. Menyukseskan gerakan sadar menulis dan membaca untuk Indonesia.
  • PRESTASI

    Beberapa hal yang telah dilakukan UB Press telah membantu universitas menjadi perguruan tinggi unggulan di Indonesia.

    Beberapa program dan aktivitas yang membanggakan tersebut antara lain:

    1. Menjadi deklarator berdirinya Asosiasi Penerbit Perguruan Tinggi se – Indonesia (APPTI) pada tahun 2011.
    2. Sampai pertengahan tahun 2013, UB Press telah menerbitkan 262 naskah sejak tahun 2009, baik buku fiksi maupun buku non fiksi.
    3. Pada tahun 2012, UB Press telah bekerja dengan OISCA international, Le Havre University, dan Afrique Challenge dalam menerbitkan buku “Toward A Sustainable Ecology 55 Years After The Bandung Asian Africa Conference 1955”. Pendistribusian buku ini juga sudah mencapai pasar internasional.
    4. Berperan aktif dalam pameran – pameran buku baik di tingkat universitas, regional, nasional, maupun internasional. UB Press juga rutin untuk mengikuti pameran internasional di Frankfurt Book Fair.
    5. Dalam bidang pemasaran, UB Press berhasil menjalin kerjasama dengan toko buku – toko buku besar di Indonesia (Gramedia Distribution Center, TB togamas, TB Airlangga, TB Siswa, Sagung Seto, dan jaringan penerbit kampus lainnya).
    6. Menjadi pendukung kuat gerakan sadar membaca dan menulis untuk Indonesia.

STRUKTUR ORGANISASI