Agro Techno Park Universitas Brawijaya didirikan pada tahun 2015 bergerak pada bidang layanan jasa dan barang dalam rangka meningkatkan kemampuan diseminasi teknologi Universitas Brawijaya secara komersial berbasis agro-komplek berwawasan bioindustri. Agro-technopark bertujuan melayani kebutuhan teknologi bagi masyarakat luas baik kalangan akademis, praktisi dan pelaku usaha. Bentuk layanan jasa antara lain fasilitas penelitian dan laboratorium lapang, pelatihan penerapan teknologi dan jasa konsultansi. Produk barang dalam bentuk komoditas pertanian, peternakan, perikanan, panduan teknologi dan benih – bibit unggul bersertifikat.

Penelitian yang Integratif

Mendorong integrasi penelitian dan aktifitas produktif bernuansa kearifan lokal

Inovatif

Mengembangkan iklim inovatif untuk memunculkan keberanian berbisnis berbasis pengetahuan

Transfer Teknologi

Mendukung transfer teknologi dan penyebar luasan inovasi ke masyarakat

Agro Techno Park Universitas Brawijaya mempunyai dua lokasi yaitu kebun di Cangar dan Jatikerto. Kebun Cangar yang terletak di Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu berada pada ketinggian sekitar 1700 mdpl dengan udara yang sejuk + 18oC menekankan pada teknologi budidaya pertanian untuk komoditas dataran tinggi dan teknologi produksi komoditas subtropis. Sementara itu, kebun Jatikerto yang berada pada ketinggian 400 mdpl dengan udara yang hangat menekankan teknologi pengembangan untuk komoditas pertanian dataran rendah dan komoditas tropis.

SEJARAH

Agro Techo Park Kebun Cangar sebelumnya lebih dikenal sebagai Kebun Percobaan Cangar selama lebih dari 30 tahun yaitu kurun waktu 1981-2014 dikelola oleh Fakultas Pertanian untuk berbagai kegiatan ilmiah seperti penelitian, praktikum dan berbagai kegiatan pengabdian masyarakat yang merupakan implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi. Fungsi kebun percobaan Cangar yang selama ini telah berjalan adalah 1) Pusat pertanian organik tanaman hortikultura, 2) Uji adaptasi dan koleksi tanaman subtropis, 3) Tempat percontohan & pelatihan pertanian organik, wanatani dataran tinggi dan landscape planning, 4) Lokasi agrowisata, tempat teknologi & bisnis pertanian organik dataran tinggi. Agro Techno Park kebun Jatikerto yang lebih dikenal sebagai Kebun Percobaan Jatikerto dikelola oleh Fakultas Pertanian dan Fakultas Peternakan. Fakultas Pertanian secara aktif mengelola untuk kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Sebagian besar lebih banyak digunakan untuk kegiatan penelitian dosen dan mahasiswa fakultas pertanian. Kebun ini telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas laboratorium lapangan yang memadai seperti leaf area meter (LAM), oven pengering, timbangan analitik, beberapa alat klimatologi dll.

VISI MISI DAN CITRA

VISI

Menjadi taman teknologi produk Universitas Brawijaya berbasis agro-komplek dengan tetap mengedepankan tri dharma perguruan tinggi: pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat serta pengelolaan sumberdaya alam yang berkelanjutan.



MISI

  1. Menjadi pusat pelatihan bagi warga Universitas Brawijaya dan masyarakat (LSM, instansi pemerintah dan non pemerintah, dengan materi produk teknologi Universitas Brawijaya ) dengan terciptanya wirausahawan.
  2. Menjadi tempat wisata edukasi, bumi perkemahan, dan pusat rekreasi keluarga yang menyediakan ragam edukasi wisata agrokomplek yang menggabungkan konsep wisata outbound dan pendidikan secara terpadu dan menyenangkan.
  3. Mengembangkan kerjasama / kemitraan dengan LSM, instansi pemerintah dan swasta untuk percepatan pembangunan desa industri indonesia.
  4. Menyelenggarakan laboratorium lapang yang berstandart internasional dengan dukungan sertifikasi.
  5. Menjadi salah satu unit usaha bisnis yang mandiri dan mendukung penyelenggaraan kegiatan akademis dosen dan mahasiswa UB.
  6. Menyelenggarakan sistem pertanian bioindustri.

CITRA

  1. Menghasilkan produk agro-kompleks yang sehat dan menarik.
  2. Menyajikan performansi kebun yang bersih dan tertata rapi.
  3. Menghasilkan produk agro-komplek yang unik dan berbeda (red jeli, jeli kloropil).
  4. Menyajikan pesan yang informatif.
  5. Berkelanjutan: terus berkembang,
  6. Berwawasan lingkungan/ kearifan lokal

KOMODITAS SPESIFIK AGRO-TECHNOPARK (ATP) UNIVERSITAS BRAWIJAYA

KEBUN JATIKERTO: BUDIDAYA TANAMAN TROPIS

 

  1. Durian, Jeruk, Kelengkeng, Kopi Robusta, Mangga, Nangka, Nangkadak, Pete, Pisang, Rambutan, Ubi Kayu, Ubi Jalar, Salak, Bibit Buah-buahan, Kayu Tahunan (Jati Mas dan Gaharu).
  2. Sayuran Lombok, Sawi, Kacang Panjang, Semangka, Timun Emas, Blewah.
  3. Ayam Pedaging, Ikan Lele, Ikan Mujaer, Ikan Patin.
  4. Makanan - minuman Sehat (Jus Jeruk, Kopi Energi, Jeli Cincau).
  5. Pestisida Hayati, Pupuk Organik, Pakan Ternak Pelet

KEBUN JATIKERTO: BUDIDAYA TANAMAN TROPIS

 

  1. Durian, Jeruk, Kelengkeng, Kopi Robusta, Mangga, Nangka, Nangkadak, Pete, Pisang, Rambutan, Ubi Kayu, Ubi Jalar, Salak, Bibit Buah-buahan, Kayu Tahunan (Jati Mas dan Gaharu).
  2. Sayuran Lombok, Sawi, Kacang Panjang, Semangka, Timun Emas, Blewah.
  3. Ayam Pedaging, Ikan Lele, Ikan Mujaer, Ikan Patin.
  4. Makanan - minuman Sehat (Jus Jeruk, Kopi Energi, Jeli Cincau).
  5. Pestisida Hayati, Pupuk Organik, Pakan Ternak Pelet

STRUKTUR ORGANISASI