Malang, bua.ub.ac.id – Perkembangan teknologi memang mempermudah segala akses, termasuk aplikasi-aplikasi yang menunjang kebutuhan sebuah pekerjaan. Kemudahan teknologi ini dimanfaatkan juga oleh BUA untuk fleksibelitas pekerjaan tiap unitnya. Hal tersebut dibahas di pertemuan dengan vendor terkait sistem informasi akuntansi dalam bentuk aplikasi software.”Selama ini unit-unit di bawah BUA masih secara manual dalam proses pembukuan dan laporan keuangan, jadi cukup sulit untuk membuat laporan secara rutin”, jelas Dr. Lilik Purwanti, M.Si., Ak., CSRS., CA , selaku Direktur Keuangan dan Administrasi BUA dan pemimpin pertemuan tersebut ( Jumat, 24 Maret 2017 ). Ada dua pilihan aplikasi software yang dibahas, keduanya menawarkan keakuratan disesuaikan dengan kebutuhan tiap unit. “Karena masing-masing unit memiliki karakteristik berbeda, jadi kita sudah mendata kebutuhan per-unit disesuaikan kompleksitas dan keluasan unitnya”, perjelas Dr. Lilik Purwanti, M.Si., Ak., CSRS., CA.
Aplikasi software nantinya akan berpusat di BUA, termasuk proses pengawasan dan sambungan programnya.”BUA sebagai controlling dan bisa melihat berapa pendapatan masing-masing unit, tapi kita tidak memiliki hak untuk melakukan perubahan apapun. Tujuannya hanya untuk memantau perkembangan kinerja tiap unit”, terang Dr. Lilik Purwanti, M.Si., Ak., CSRS., CA. Aplikasi ini dicanangkan untuk mengusahakan adanya tranparansi laporan keuangan dan agar unit-unit bisa secara tertib melakukan pembukuan dan laporan keuangan secara rutin.”Nantinya dari aplikasi ini kita juga bisa melihat prestasi dari masing-masing unit. Berapa pemasukan, pengeluaran, dan keuntungannya”, jelas Dr. Lilik Purwanti, M.Si., Ak., CSRS., CA.
Pemasangan software secepatnya akan dipasang tahun ini. Sebelum diimplementasikan di masing-masing unit, nantinya akan ada sosialisai dan bimbingan tentang penggunaan dan pemeliharaannya.”Jadi keterlibatan vendor hanya sebatas penjualan dan bimbingan teknis saja”, terang Dr. Lilik Purwanti, M.Si., Ak., CSRS., CA.