Ir. Sigit Kusmaryanto, M.Eng. dkk.

Judul Riset

Teknik Pembuatan Baglog Untuk Budidaya Jamur Tiram Di Dusun Rejoso Kec. Junrejo Kota Batu

Masyarakat di dusun Rejoso Kecamatan Junrejo Kota Batu, dalam dua tahun terakhir telah merintis budidaya jamur tiram. Pertumbuhan jamur tiram yang sangat dipengaruhi oleh kondisi lingkungan ternyata sangat cocok dibudidayakan di dusun Rejoso Kecamatan Junrejo.

Hal ini terlihat dari budidaya jamur di kelompok usaha Mutiara Bhakti I dan II di dusun Rejoso Kecamatan Junrejo Kota Batu berhasil memproduksi jamur tidak kurang 25 kg perhari. Usaha ini mulai menjadi daya tarik masyarakat khususnya masyarakat Kecamatan Junrejo mengingat permintaan pasar jamur tiram cukup besar di Kota Malang dan sekitarnya.

Dari hasil satu survey lapangan yang dilakukan ketua kelompok usaha jamur tiram Dusun Rejoso Junrejo-Batu bersama Tim IbM, permintaaan jamur tiram Kelompok Usaha Bhakti I dan II di Pasar Dinoyo Malang perhari rerata 60 kg baru terpenuhi 25 kg.
Kondisi eksisting usaha jamur tiram di dusun Rejoso Kecamatan Junrejo Batu masih sangat perlu diberdayakan. Permasalahan yang dirasakan oleh kelompok usaha jamur tiram adalah media baglog tempat tumbuh jamur tiram masih dipasok dan dibeli dari pemasok/tengkulak.

Hal tersebut berdampak pada ketergantungan proses produksi pada pemasok, selain itu harga baglog relatif mahal. Hal tersebut menyebabkan kapasitas produksi terbatas yang berdampak pada pendapatan kelompok usaha jamur tiram tidak kunjung meningkat.

Sehubungan dengan permasalahan yang dihadapi oleh kelompok usaha jamur tiram Dusun Rejoso Kecamatan Junrejo-Batu, pada Pengabdian Masyarakat ini sesuai kesepakatan dengan Kelompok usaha jamur tiram Dusun Rejoso Kec. Junrejo-Batu akan dilakukan usaha pembuatan media baglog jamur tiram.

Dengan penguasaan teknologi pembuatan baglog jamur tiram untuk budidaya jamur tiram diharapkan dapat meningkatkan produksi jamur tiram. Hasil produksi baglog juga dapat dijual langsung ke petani lain sehingga meningkatkan pendapatan kelompok usaha jamur tiram dusun Rejoso Kec. Junrejo Batu.

Keberhasilan program Pengabdian Masyarakat ini diukur dari: 1. kemampuan kelompok usaha jamur tiram menguasai teknologi pembuatan baglog, 2. Terwujudnya satu set produksi baglog dan 2.500 baglog jamur tiram siap pakai untuk pembibitan jamur tiram. 3. Peningkatan kapasitas produksi jamur tiram 100% atau 50 kg/hari.

jamur