Eriq M. Adams J., S.T., M.Kom.

Judul Riset

Rancang Bangun Aplikasi Pengembang Mobile Visual Novel

Bagi pengembang game independen, kemampuan menggunakan game engine sangat diperlukan. Karena mereka harus menguasai engine, mereka juga perlu menguasai pemrograman. Visual novel adalah metode bercerita dalam bentuk ilustrasi visual yang baik konten dan medianya disajikan pada media digital. Visual novel biasanya mencakup fitur seperti suara, gambar dan terkadang cuplikan video. Pada media digital, visual novel terdiri atas beberapa ilustrasi dan teks sehingga membuat plot cerita yang solid.

 

Dalam pengembangan visual novel, di dunia telah beredar berbagai engine dengan fitur khusus mereka masing-masing. Beberapa dari mereka adalah Ren’Py dan ONScripter yang telah digunakan baik oleh pengembang visual novel indie maupun profesional. Engine tersebut adalah engine berbasis skrip sehingga keterampilan pemrograman diperlukan. Dalam penelitian ini, kami akan mengatasi masalah tersebut dengan mengembangkan aplikasi pembuat visual novel pada platform mobile yang terbebas dari scripting untuk mendukung rapid development.

 

Metode yang digunakan adalah metode pada pengembangan software product line. Software product line sendiri adalah metode, teknik atau alat untuk membuat sistem software yang sejenis dengan memanfaatkan aset bersama pada inti sistem. Aplikasi yang kami kembangkan adalah aplikasi untuk mengembangkan visual novel ponsel yang fitur khusus adalah bebas dari scripting.

 

Aplikasi ini memungkinkan pengembang untuk membuat visual novel yang memiliki fitur dasar dari visual novel, desain dan alur cerita ditentukan oleh pengembang. Visual novel yang dihasilkan juga bekerja pada berbagai resolusi layar dan berbagai versi Android 2.3.3 ke atas.

novel