Candra Dewi, S.Kom, M.Sc. , dkk

Judul Riset

Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Anak Sekolah Dasar

Mengenal budaya bangsa sangat diperlukan untuk menumbuhkan kebanggaan terhadap bangsa. Selain itu dengan mengenal budaya bangsa yang dimulai dari usia dini, akan menumbuhkan nilai-nilai kebangsaan sehingga terbentuk karakter bangsa.

Namun demikian, saat ini pelajaran budaya bukan merupakan pelajaran favorit siswa. Untuk itu perlu upaya-upaya agar pelajaran mengenal budaya adalah materi yang menyenangkan sehingga menarik untuk dipelajari.

Pembelajaran siswa terutama diarahkan untuk menumbuhkan potensi siswa. Agar tujuan pembelajaran dapat tercapai diperlukan metode dan media yang tepat sehingga siswa dapat dengan mudah menerima materi yang diajarkan.

Terkait dengan pembelajaran siswa sekolah dasar, metode belajar sambil bermain merupakan cara yang banyak disukai.

Dengan semakin berkembangnya penggunaan teknologi komputer oleh anak-anak, dimungkinkan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis game komputer.

Oleh karena itu, kegiatan yang dilakukan dalam pengabdian masyarakat ini meliputi kegiatan perancangan dan pembuatan paket game pembelajaran. Setelah itu dilakukan pelatihan terhadap guru pengajar.

 

pembelajaran

pembelajaran2