Kegiatan Open Class di Brawijaya Smart School

Malang, bua.ub.ac.id – Pada Hari Senin (26/02) kemarin, salah satu Unit Usaha Bisnis Badan Usaha Akademik Universitas Brawijaya (BUA UB) yang bergerak dibidang pendidikan yaitu Brawijaya Smart School (BSS) mengadakan kegiatan open class. Kegiatan ini merupakan rangkaian terakhir dari kegiatan open house yang telah diadakan beberapa hari sebelumnya di lingkungan BSS yang terletak di Jalan Cipayung Nomor 8–12 Kota Malang.

Kegiatan Open Class ini terbuka untuk umum, khususnya bagi masyarakat yang ingin melihat kegiatan belajar mengajar di BSS mulai dari tingkat Children Center (CC), SD, SMP, dan SMA. Pihak BSS menyediakan fasilitas pemandu untuk mengarahkan serta mengantar pengunjung berkeliling lingkungan sekolah dan tingkatan yang dituju. Pihak BSS tidak membatasi para pengunjung untuk mengikuti kegiatan Open Class ini, wali murid dan dari masyarakat pun diperbolehkan mengikuti kegiatan ini karena BSS sangat terbuka terhadap masyarakat mengenai sistem pembelajaran.

Selain untuk mempromosikan BSS, target dari kegiatan Open Class ini adalah memberikan animo kepada masyarakat bahwa BSS sedang mengadakan jalur prestasi dalam seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) ditingkat SMP dan SMA. Dalam menjaring peserta didik baru, BSS melakukan dua jenis jalur, yaitu jalur prestasi dan jalur tes. Tidak ada jalur prestasi maupun tes pada PPDB tingkat SD, melainkan observasi siswa (trial class) yang akan dilaksanakan dengan dua gelombang, yaitu gelombang I pada tanggal 10 Maret 2018 dan gelombang II pada tanggal 28 April 2018. Kemudian di tingkat SMP sendiri dilakukan tes jalur prestasi yang dilaksanakan pada tanggal 16 Februari dan jalur tes dilaksanakan pada tanggal 30 Maret 2018. Terakhir untuk tingkat SMA, tes jalur prestasi dilaksanakan pada tanggal 24 Maret 2018 dan jalur tes dilaksanakan pada tanggal 18–19 Mei 2018.

Gelombang prestasi adalah salah satu jalur yang diadakan BSS untuk menjaring peserta didik baru melalui prestasi yang telah ia raih di jenjang sebelumnya. Siswa yang berprestasi dengan mengikuti olimpiade atau memiliki nilai rapor dengan rata-rata 8 dapat mengikuti gelombang prestasi akademik. Tidak hanya itu, calon peserta didik yang berprestasi di non-akademik pun dapat mendaftar melalui gelombang ini. Pada PPDB tahun ini, BSS memiliki target untuk memenuhi kuota, yaitu tingkat SD sebanyak 500 siswa, SMP 220 siswa, dan SMA 160 siswa.

news - 03-09-2018
« «
» »