5TH International Conference On Advanced Molecular Bioscience And Biomedical Engineering 2018

Malang, bua.ub.ac.id – Pada tanggal 3 – 4 September 2018, Institut Biosains Universitas Brawijaya telah mengadakan 5th International Conference on Advanced Molecular Bioscience and Biomedical Engineering 2018 (ICAMBBE 2018). Konferensi internasional yang bertempat di Hotel Swiss-Belinn Malang ini dihadiri dari banyak universitas di Indonesia dan luar negeri. Dengan membawa tema “Development of Health and Pharmaceutical Research Competitiveness toward Sustainability Development Goals (SGDs)”, ICAMBBE 2018 ini menggandeng para peneliti, insinyur, dan saintis dari seluruh dunia di mana hal ini merupakan sebuah kolaborasi yang baik. Adapun kegiatan yang dilakukan selama 5TH ICAMBBE adalah sesi pembicara utama, sesi poster, dan presentasi oral paralel sesi satu dan dua yang dibagi dalam dua hari tersebut.

Pada hari pertama setelah upacara pembukaan, langsung diadakan sesi dari pembicara utama yaitu Dr. Muhammad Dimyati, M.Sc., selaku Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, dan Dr. Siswanto, MPJ, DTM., selaku Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, dengan Dr. Ir. Gatot Ciptadi, DESS sebagai moderator. Setelah itu acara dilanjutkan dengan Plenary Lecture I yang diisi oleh dua pembicara, yaitu Assoc. Prof. Dr. Mariena Ketudat-Cairns, Ph.D dari School of Biotechnology, Suranaree University of Technology, Thailand, dan Prof. Ken-Ichirou Morohashi, Ph.D dari Molecular Biology, Medical Science, Kyushu University, Japan dan dimoderatori oleh Dr. Ir. Anik Martinah Hartiati, M.Sc.. Setelah itu acara dilanjutkan dengan presentasi oral paralel sesi 1 dan 2 yang dilakukan di dua ruangan berbeda di mana setiap presenter diberikan waktu selama 10 menit untuk mempresentasikanh hasil penelitian mereka. Tema yang dibawa pada presentasi oral paralel sesi 1 yaitu Medical Science (MS) & Biochemistry and Bioengineering (BB) dan Medical Science (MS). Presentasi oral paralel sesi 2 dimulai pukul 15.20 dengan membawa tema Medical Science (MS) dan Molecular Genetics (MG) & Medical Science (MS).

Pada hari kedua ICAMBBE 2018, dilaksanakan Plenary Lecture II yang diisi oleh tiga pembicara, yaitu Asc. Prof. Hideaki Yamashiro, Ph.D dari Nigata University, Tomohiko Sasase, Ph.D dari Central Pharmaceutical Research Institute, JT. Inc, Japan, dan Takeshi Ohta, Ph.D dari Central Pharmaceutical Research Institute, JT. Inc, Japan yang dimoderatori oleh Nia Kurniawan, S.Si, MP., D.Sc.. Seperti hari pertama, hari kedua juga diikuti presentasi oral paralel 2 sesi. Sesi pertama membawa tema Pharmacological & Toxicity (PT) dan Medical Science (MS), sedangkan presentasi sesi kedua membawa tema Medical Science (MS) dan Medical & Veterinary Science (MVS). Setelah itu diikuti dengan upacara penutupan 5th ICAMBBE dan pengumuman presenter terbaik. Sebanyak 27 partisipan dari berbagai macam univeritas dan pusat penelitian yang tersebar di seluruh dunia telah mengikuti 5TH ICAMBBE. Prof. Fatchiyah, M.Kes., Ph.D, selaku Direktur Institut Biosains Universitas Brawijaya, berharap 5th ICAMBBE dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap percepatan dalam dunia sains dan dapat meningkatkan kualitas penelitian di Indonesia.

news - 09-24-2018
« «
» »